-->

Analisi dan Apikasi Sistem Informasi Geografi

Sistem Informasi Geografi (SIG) pada dasarnya digunakan untuk menjawab pertanyaan dan membuat keputusan. Untuk menggunakan SIG dengan benar, sangat penting untuk mengetahui apa yang anda inginkan dan menentukan alur proses untuk mendapatkan jawaban.

Analisi dan Apikasi Sistem Informasi Geografi

Analisis Sistem Informasi Geografi

Proses untuk mendapatkan jawaban pada SIG merupakan analis SIG. Pada umumnya proses tersebut, terbagi pada lima bagian yaitu :
  1. Menentukan pertanyaan : Mulai analisis SIG anda dengan memikirkan tentang infomasi yang anda butuhkan. Buat pertanyaan anda spesifik, hal ini akan membantu anda untuk memutuskan bagaimana pendekatan dan metode analisis yang digunakan, dan bagaimana mempresentasikan hasil.
  2. Memilih data : jenis data yang dipakai membantu menentukan metode analisis yang anda gunakan. Data yang anda pilih dan dimana anda akan mendapatkan datanya tergantuk kebutuhan dan anggaran. Paling penting adalah bahwa data anda berkualitas baik dan akurat.
  3. Memilih metode analisa: keputusan mengenai metode analisa yang digunakan berdasarkan kepada pertanyaan anda dan bagaimana hasil analisis akan digunakan. 
  4. Proses data: setelah memilih metode analisis, proses data dilakukan dengan cara yang masuk akal sesuai dengan tujuan anda.
  5. Melihat hasil: mengambil tindakan berdasarkan pada hasil analisis. Hasil anda dapat ditampilkan sebagai peta digital atau dicetak sebagai kertas peta.

Aplikasi Sistem Informasi Geografi

Aplikasi SIG adalah alat yang memungkinkan pengguna untuk membuat permintaan interaktif, menganalisa informasi spasial, mengedit data dan menampilkan peta. Aplikasi SIG dapat digunakan untuk pengelolaan sumber daya, manajemen aset, arkeologi, penilaian dampak lingkungan hidup, perencanaan perkotaan, pemetaan, kriminologi, sejarah, pemasaran, logistik dan keperluan lainnya.

Sumber : www.bekaintitama.co.id/analisis_dan_aplikasi_sig.html

Analisi dan Apikasi Sistem Informasi Geografi